Hikmah dibalik ketentuan Allah

Maret 10, 2009 pukul 11:11 am | Ditulis dalam Hikmah | 1 Komentar
Tag: , , , , ,

icon_pray2

Seringkali manusia menyesali nasibnya. Seringkali juga manusia meratapi jalan hidupnya.

Orang yang mengalami kesulitan hidup, seringkali bertanya-tanya kenapa Tuhan menciptakan saya sebagai orang susah, bukannya menjadikan saya sebagai orang yang kaya. Orang-orang yang tertimpa musibah bertanya, kenapa saya tertimpa musibah yang begitu berat. Sedangkan orang yang do’anya belum dikabulkan turut juga bertanya-tanya, kenapa permintaannya belum kunjung terpenuhi. Belum lagi kalau muncul berbagai bencana dan fenomena alam yang yang tidak menentu, semua bertanya-tanya ada apa dengan ini semua.

Sebagai orang mukmin kita harus menanamkan keyakinan kepada diri kita, bahwasannya semua yang terjadi di dunia ini, apapun yang menimpa diri kita merupakan ketetapan dari Allah SWT. Dan tentu saja apa yang ditetapkan Allah tidaklah sia-sia. Pasti akan ada hikmah dan pelajaran yang terkandung didalamnya.

Sebagai contoh, ketika Allah menguji kita dengan musibah berupa sakit. Kalau kita kaji lebih dalam dan berusaha menggali hikmah dari musibah sakit yang kita derita, banyak sekali hikmah yang akan kita dapatkan. Misalnya, dengan sakit tersebut tubuh kita yang biasanya tidak istirahat ”memburu rejeki “, akhirnya dapat beristirahat. Seseorang yang biasanya jarang berkumpul dengan keluarganya, karena musibah sakit menjadi mempunyai banyak waktu untuk berkumpul dengan keluarga. Ujian sakit juga akan menyadarkan seseorang akan berharganya nikmat berupa kesehatan. Sehingga ketika nanti orang itu kembali ke kondisi sehat akan menjadikannya menghargai kesehatan dengan mengatur kembali pola hidup, pola makan, dan kebiasaannya yang lain.

Contoh yang lain yang dapat kita ambil pelajaran adalah dalam hal penciptaan nyamuk. Daya nalar kita pastilah membentuk pertanyaaan apakah guna diciptakannya makhluk yang bernama nyamuk. Apa manfaat dari nyamuk, bukannya sia-sia saja Allah menciptakannya…..?. Sekarang kita lihat, dengan munculnya makhluk yang bernama nyamuk dapat mengilhami orang untuk mendirikan pabrik obat nyamuk dan menawarkan berbagai obat nyamuk yang paling ampuh, dari obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot, obat nyamuk elektrik, maupun obat nyamuk yang dioleskan. Dengan berbagai macam obat nyamuk yang beredar, tentunya banyak pula pabrik yang memproduksinya. Banyaknya pabrik yang berdiri tentunya akan menyerap banyak tenaga kerja dan dapat menjadi sumber rejeki bagi banyak orang. Kalaupun di satu sisi nyamuk dapat membawa penyakit, tentunya dengan adanya penyakit tersebut mengilhami manusia untuk melakukan penelitian guna mencari obat penawar penyakit tersebut yang pada pada akhirnya mendorong lahirnya dokter-dokter serta ahli farmasi yang mumpuni.

Subhanallaah……… Maha Suci Allah. Dari ketentuan penciptaan makhluk yang berupa nyamukpun sudah terkandung hikmah yang sedemikian banyaknya….. Belum lagi dari ketentuan-ketentuan lain.

Oleh karena itulah, kita tidak boleh melihat ketentuan Allah dari satu sisi saja. Sebab bisa jadi sisi yang nampak adalah sisi buruknya saja, karena sering kali mata hati kita tertutup oleh nafsu dan amarah. Apapun yang menimpa diri kita meskipun nampaknya buruk dan menyakitkan, disana tetap ada hikmah / kebaikan yang belum kita ketahui.

Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal Allah menjadikan didalamnya kebaikan yang banyak(Q.S: Annisa’ :11).

Iklan

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. THATS GREAT.. SUBHANALLAH…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: