Hari Batik, Semangat Nasionalisme, dan “Kepedulian Nasional”

Oktober 2, 2009 pukul 3:19 am | Ditulis dalam UMUM | 17 Komentar
Tag: , , , , , , , , ,

batik“Besok  (Jum’at / 2 Oktober 2009), wajib memakai seragam batik wisuda…instruksi  ini datang langsung dari pusat….”

Begitulah isi sms yang saya peroleh dari milis MASANEGA. Saya sempat tersenyum sendiri, guyonan apa lagi yang dikerjakan teman-teman kali ini. Tanpa ada instruksi dari pusat pun hari jum’at ini adalah jadwal  pemakaian seragam batik. Dan karena jum’at ini adalah hari jum’at pertama di bulan oktober maka yang harus dipakai adalah seragam batik terbaru…ya seragam batik wisuda tadi. Saya baru merasa “ngeh” ketika membaca berita berjalan di salah satu stasiun televisi swasta. Pada berita itu disebutkan bahwa batik telah disetujui UNESCO sebagai warisan dunia yang dihasilkan oleh Bangsa Indonesia. Dan untuk merayakan keberhasilan itu, Presiden Yudhoyono mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mengenakan pakaian batik demi penghargaan terhadap kebudayaan Indonesia tersebut.

Alhamdulillah , setelah sempat menjadi gonjang-ganjing dan sempat pula membuat “heboh” dengan rencana negara tetangga yang akan memasukkan batik kedalam daftar salah satu budaya lokalnya, akhirnya kebudayaan yang  ASLI Indonesia itu telah mendapatkan pengakuan dari dunia Internasional. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya akan keragaman budaya lokalnya. Namun ibarat sebuah keluarga “besar” yang dikaruniai banyak anak, entah karena “kesibukan”, entah karena “belum siap menjadi orang tua” maka anak-anak itu menjadi anak yang kurang mendapatkan perhatian orang tuanya. Alih-alih tumbuh menjadi anak-anak yang menjadi kebanggaan orang tuanya, bahkan  banyak anak-anak keluarga itu yang “diculik” oleh keluarga lain.

Bukan hanya permasalahan “kurang perhatian” saja,  mulai lunturnya kebanggaan akan kebudayaan nasional  munurut saya juga karena masih banyaknya pandangan kita yang terkotak dalam batasan kesukuan dll. Ketika berbicara tentang batik, kita masih beranggapan bahwa batik  milik orang Jawa. Ketika berbicara tentang  tari pendet tentu kita masih bergumam bahwa  tari pendet milik orang Bali. Pola pandang kesukuan inilah yang kian hari makin menggerus semangat Nasionalisme kita.

Berkaitan dengan semangat nasionalisme, semangat kebangsaan , perasaan sebangsa setanah air. Tentunya rasa kebersamaan tidak hanya kita rasakan  ketika kita bersama-sama dalam kondisi bahagia saja. Ketika musibah melanda sebagian anak negeri ini,sudah sepatutnya juga kita  berbelasungkawa, membuka hati, mengulurkan bantuan. Karena derita mereka adalah derita kita bersama sebagai bangsa Indonesia. Tanggal 2 oktober ini adalah Hari Batik Nasional dan di hari yang berbahagia ini marilah kita membuka hati, bahwa dibalik kebanggaan yang yang diberikan Allah kepada bangsa ini melalui pengakuan batik sebagai warisan budaya dunia Allah juga menguji rasa kepedulian  bangsa kita dengan cobaan yang menimpa saudara-saudara kita di Sumatra barat.

Batik……..I Love You Full!!!

Saudara-saudaraku yang tertimpa musibah di Sumbar……Semoga Allah memberikan ketabahan….!!

Iklan

17 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. HHmm….Telah ditetapkan UNESCO, batik Indonesia menjadi The World Heritage 🙂

    Salam semangat selalu…

  2. gw uda pake batik tadi pagi
    hehehehe

  3. Hmm…..kadang kita menjadi “bangsa binggung”, binggung untuk membanggakan produk negeri yang bernilai tinggi, sementara hanya menjunjung mulia produk glamour. Akibatnya satu persatu budaya kita semakin tergerus dimakan waktu.
    Tanpa etikad baik dari semua pihak (terutama pemerintah + media), sulit berharap kekayaan nasional akan menjadi aset dan dpaat mengembalikan jati diri bangsa.

  4. saia kemarin juga pakai batik lo .
    pakai batik malah tambah keren . 😀

  5. batik, juga seni/budaya lainnya, harus bisa jadi produk kontemporer kalo mau jadi produk yang yg memasyarakat 😀

    .

  6. ini kali pertama saya mampir ke situs Anda, saya Agus Suhanto, salam kenal ya…

  7. yahhh
    ahirnya BATIK diakui juga kalo milik indonesia

    apdet dong bang!

  8. kita sedang ada diskusi efisiesni kertas untuk menyelamatkan hutan dan pohon di http://ahnku.wordpress.com/2009/10/11/cintai-lingkungan-dengan-efisisensi-kertas/ berikan masukan ya…(Bahasa Indonesia)

  9. batik sudah jadi tradisi sejak lama hanya kita para penerus yang malu mengakuinya setelah ada yang gembar gembor baru deh

  10. malam pak, silahturahmi, mudahan sehat saja

  11. wah blognya keren ya, berkunjung ke blog sekeren ini bisa membuat barajakom
    ikutan keren, aku numpang keren ya sob, makasi..

  12. Indonesia, ur cultural heritage has been patented by UNESCO to be the world heritage!
    OMG… I really like this motion.
    Keep spiritt my lovely country!
    Try ur best so u can be the biggest one!
    Chayyooow !
    >.<

    @elvihidayati:
    We must preserve our culture…
    Indonesia…. I love you full!!!.
    Thank’s to join in this blog..see you again .

  13. pak…
    Ditunggu tulisan terkini nya (2012)
    salam istimewa.

  14. hidup batik Indonesia

  15. Anjuran menggunakan pakaian/ baju batik satu hari dalam seminggu sih setuju- setuju aja…
    Tapi kenapa sih harus di hari jumat? Bukannya hari yang lain…selasa, rabu, kamis misalnya.
    Kan hari jumat bagi laki2 muslim kan harus sholat jumat…berapa persen sih yang bisa mengganti bajunya yg polos tanpa motif untuk sholat jumat?
    Sebagian besar tetap menggunakan baju batik untuk sholat Jumat , apalagi saat hari kerja ….
    Apakah mereka tidak menyadari bahwa pakaian mereka menggangu pandangan dari orang yang sholat di shaft belakang mereka?
    Bukankah kita dianjurkan menggunakan pakaian yg dibelakang baju kita tanpa ada gambar atau motif spy gak ganggu pandangan orang yg sholat di shaft belakang kita?
    Saya suka dg batik..tapi gak suka pakai batik di hari Jumat….
    Kenapa kita gak ganti aja harinya dg pakai batik di hari yang lain..

  16. Very well written post. It will be useful to anybody who employess
    it, including yours truly :). Keep up the good work – i will definitely read more posts.

  17. Outstanding information it is actually. I have beedn waiting for tthis
    tips.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: