sst…..sst…..Ada UN Ulang

Juni 10, 2009 pukul 8:27 am | Ditulis dalam Pendidikan | 9 Komentar
Tag: , , , , , ,

11Hampir dua minggu ini kondisi fisik saya tidak mendukung untuk berlama-lama di depan komputer, kerjaan yang juga menumpuk adalah faktor lain yang ikut andil membuat blog ini terbengkalai…tak terurus.. Alhamdulillah, memasuki pekan kedua bulan juni “kesempatan” untuk berblogging ria kembali terbuka,….. I’ m coming….

Sebagaimana dilansir oleh beberapa media cetak maupun elektronik beberapa hari yang lalu, hampir 5000 siswa SMA divonis “tidak lulus” dalam pelaksanaan UN pada bulan Mei kemarin. Indikasi adanya kecurangan dialamatkan kepada mereka, sehingga “pantas” diberikan hukuman yang setimpal. Dugaan beredarnya “kunci jawaban palsu” dan sederet dugaan-dugaan yang lain pada akhirnya menjadikan para siswa itu hanya sebagai “korban”…..yah…korban dari suatu sistem dan kebijakan.

Pada tulisan yang pernah saya posting sebelumnya, memang pelaksanaan UN masih sarat dengan kecurangan. Kecurangan yang terjadi secara sistematis dan terstruktur, melibatkan komponen-komponen pelaksanaa UN sendiri. Seperti halnya tindakan korupsi yang telah mengakar dan hampir menjadi budaya di masyarakat kita, maka begitu pulalah tindakan kecurangan dalam pelaksanaan UN.

Mendiknas sendiri terkesan “lepas tangan” mengenai kasus ini dan melimpahkan sepenuhnya permasalahan kepada BNSP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Padahal sebelumnya beliaulah yang dikenal getol memperjuangkan pelaksaan UN. Benar-benar suatu ironi.

Dari serentetan permasalahan yang ada dalam pelaksanaan UN, Depdiknas selaku “otoritas pengendali sistem pendidikan” di negeri ini sudah semestinya “mengkaji ulang” pelaksanaan UN. Karena alih-alih akan meningkatkan mutu pendidikan, bukti di lapangan menunjukkan pelaksanaan UN justru menjadi”katalis” bagi terjadinya “kejahatan secara sistematis”.

Oh UN… riwayatmu kini………..

Iklan

9 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. setuju,
    sebaiknya sistem ini dikaji ulang.
    saya yakin masih banyak ide menarik dari banyak orang disana

  2. waw……..waw………….waw

  3. TERIMA UN ISI ULANG…????
    sepertinya “CAP KORUP” pada dunia pendidikan kita sedang dipaksakan kepada para siswa dan guru. sehingga “CAP KORUP” menjadi “HALAL” bagi dunia pendidikan. buktinya…..
    siswanya….
    gurunya…..
    itu barangkali yang mau dijadiken sebagai “tumbal” untuk melegalkan bahwa korup di pendidikan bukan hanya dilakuken oleh para pengambil keputusan, tapi juga dilakuken oleh semua kalangan…

  4. ketika kebijakan UN jadi penentu kelulusan, saya termasuk guru yang amat sangat tdk setuju, gusfudz. sayangnya, suara saya tak cukup menggema utk bisa menandingi suara pemerintah yang terus bersikeras melaksakan UN dg model begitu. akhirnya terbukti kalau UN sama sekali gagal mencerdaskan generasi masa depan.

  5. Mana yang barunya

  6. salam knal bro…

  7. Memang sudah seharusnya konsep UN dikaji ulang. Terlalu banyak kecurangan dan hal-hal yang tidak beres yang menyertai pelaksanaan UN.

  8. UN hanya pormalitas,uang menentukan segalanya

  9. Harap Tenang …
    sing penting bayar Biaya UN…
    kalo tidak bayar gak bisa UN ulang……!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: