Blokir FACEBOOK di sekolah ???

Februari 17, 2010 pukul 8:35 am | Ditulis dalam TIK | 7 Komentar
Tag: , , , , , , , , , ,

Beberapa hari ini pemberitaan di berbagai media informasi, baik cetak maupun elektronik mengangkat berita tentang maraknya  kasus hilangnya orang (ABG) yang diduga kuat karena diculik oleh seseorang yang baru mereka kenal melalui situs jejaring sosial (Facebook). Sebelumnya juga gencar diberitakan bagaimana situs pertemanan yang lagi digandrungi oleh orang sejagat ini mulai digunakan oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab untuk melangsungkan prostitusi terselubung dan bahkan kuat indikasinya mengarah kepada trafficking (perdagangan manusia). Subhanalloh…, kemajuan teknologi di tangan orang yang benar akan memberikan manfaat yang luar biasa, namun di tangan orang yang tidak benar kemajuan teknologi justru membawa mudlarat yang yang sangat menakutkan !!!.

Sejak awal diluncurkan pada tahun 2004 oleh , facebook mengalami perkembangan yang luar biasa. Indonesia sendiri pada akhir tahun 2009 tercatat masuk rangking nomer 2 didunia dalam pertumbuhan  pengguna facebook.

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengguna Facebook di Indonesia tumbuh begitu cepat, dan saat ini menempati urutan pertumbuhan tercepat kedua di dunia dari sisi jumlah pengguna. Indonesia hanya kalah dari AS yang juga merupakan pengguna Facebok terbanyak di dunia.

Berdasarkan survei Inside Facebook yang dilakukan eMarketer, jumlah pengguna Facebook di Indonesia naik 1.431.160 juta pengguna dalam sebulan terakhir. Pada 1 Desember 2009, e-marketer mencatat jumlah pengguna Facebook di Indonesia 13.870.120 pengguna, sedangkan pada 1 Januari 2010 sebesar 15.301.280 pengguna. Indonesia hanya satu peringkat di bawah AS yang mencatat kenaikan jumlah pengguna 4.576.220 pengguna dalam periode yang sama dari 98.105.020 menjadi 102.681.240 pengguna.

Meski demikian, persentase kenaikan jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai dua kali lipat AS. Indonesia naik 10 persen, sedangkan AS hanya 5 persen. Kenaikan 10 persen termasuk persentase pertumbuhan tertinggi di dunia. Selain Indonesia, beberapa negara yang mencapai kenaikan dengan persentase 10 persen antara lain Filipina dan Malaysia.

Perkembangan  facebook yang sedemikian pesat juga didukung oleh adanya layanan fasilitas internet yang di sediakan oleh berbagai tipikal handpone terbaru, juga dengan gencarnya  promosi operator seluler yang mengkampanyekan akses facebook melaui HP dengan tarif super hemat. Maka akan kita dapati dimana-mana, layar biru (FB) akan terbuka. Kita tidak akan heran lagi dari tongkrongan pinggir jalan sampai di perkantoran, dari anak SD sampai lansia pun dapat mengakses FB dengan demikian mudahnya.


Dalam mengeliminir dampak negatif facebook beberapa instansi telah  memblokir situs ini pada jam kerja, dengan harapan tidak akan mengganggu kinerja karyawan. Di sekolah kami, sampai saat ini tindakan itu belum dilakukan. Saya baru ngeh, ketika akhir-akhir ini saya melihat siswa kelas VII yang notabenya baru belajar dasar-dasar Internet, namun ketika ada waktu luang untuk akses internet, bukan wikipedia yang mereka buka…namun facebook lah yang mereka buka…dan Subhanalloh kemampuan mereka  mengelola akun luar biasa !!!…(saya mungkin kalah!!! he..he..he). Terkait dengan berbagai  tindak penyalah gunaan facebook, maka  salah seorang kolega mengatakan langkah baiknya akses facebook di sekolah di blokir saja….Good idea !!

Terbayang di mata saya jikalau admin jaringan internet di sekolah kami segera memblokir akses ke situs facebook. Maka layar biru yang senantiasa saya temui di laptop teman-teman di kantor akan padam!!!.  Selanjutnya akan  datang bertubi-tubi pertanyaan, “Mas, facebooknya kok nggak bias diakses… atau Pak!, tolong betulkan browser saya donk dari tadi akses facebook kok nggak bisa-bisa….. . Beda halnya dengan di lab, pasti anak-anak segera komplain :  Pak komputernya kenapa?…kok ndak bisa buka face book, apa Mozillanya rusak???…dan tentunya berjuta pertanyaan yang segera menyerbu saya ketika Facebook diblokir..

Teman-teman bloger!!, saya minta urun rembug donk!!…apa yang harus saya usulkan ke admin jaringan internet sekolah kami…demi tujuan  Save our Children !!!!


Iklan

7 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. saya juga melarang anak-anak buka fesbuk di lab sekolah

    @budies: Langkah preventif yang perlu ditiru, trim’s pak budi atas masukannya.

  2. diblokir? sangat perlu terutama saat2 jam belajar, dan terlebih lagi perlu diperketat mengenai penggunaan phonseluntuk siswa dilingkungan sekolah pada jam belajar utamanya, karena akses terbanyak FB dilakukan dimedia itu: nah kalo jam belajar sudah berakhir silahkan dibuka kembali, karena itu juga media yang bisa diambil manfaatnya jika dilakukan dengan bijak.

  3. ha…ha…ha….penculik sana penculik sini, kalau enak di culik ya….enak dong, culik di sana culik di sini
    mau di bubarkan atau di blokir ya terserah kepala sekolah….kalau bisa ya jangan toh, semua kemajuan itu memerlukan korban
    indonesia merdeka juga berkorban pahlawan yang tidak sedikit
    anak kecil pinginb jalan juga harus korban lututnya berdarah sana-sini
    semua itu ada resikonya boy
    kalau dikasih masalah sama facebook, jangan minta malah di blokir situsnya, tapi minta pada Tuhan untuk bisa menyelesaikan masalah fb dengan berpikir cerdas, orang yang bisa menyelesaikan suatu masalah maka ia akan semakin cerdas dan bertambah dewasa
    aq tidak begitu memerlukan facebook, tapi facebook harus tetap nyala untuk bersilaturrahmi
    orng yang berguna akan selalu mempunyai teman di mana-mana
    lah gmn kalau kita di culik/ ada kejahatan di fb
    lama2 orang akan bisa mengatasinya kok1
    dan bertambah lihai bermain facebook
    yang terpenting sekarang adalah kalau kita menulis yang baik2 mengenai sesuatu di fb, pasti akan selamat
    lah wong yang tertimpa kejahatan itu mau kok dan sukarela di culik
    kejahatan harus tetap ada untuk mengimbangi kebaikan
    kalau kejahatan gak ada apa gunanya kebaikan

  4. semua itu ada sisi positif dan negatifnya, tinggal bagaimana kita menyikapinya, memang tak bisa dipungkiri dengan facebokk kita bisa menjalin silaturrahmi dengan teman lama yang sudah lama tidak ketemu, tapi di sisi lain ank2 banyak yang jadi kecanduan dengan internet…
    Jadi usul saya
    Mulai dari hal yang kecil…
    Mulai dari diri sendiri
    dan mulai dari SEKARANG,,,,,,,,,,,,,,,,

    jadi sebagai langkah awal, yang di blokir di lab dulu..OKKKK

  5. Setelah ada guru TIK bari di sekolahan saya juga memblokir situs – situs tertentu seperti facebook 4shared dll.
    Itu memang bagus seh supaya siswa ga pada asik sendiri. Tapi kalo mau buka facebook juga bisa dengan sedikit bumbu proxy. 😀

    kunjungi blog saya juga : http://www.kentos.co.cc/2010/08/28/bobol-situs-dengan-proxy-indonesia-update/

  6. Facebook tidak ada, bisa ke WordPress….

  7. betul,,, Dit… kalau FB di blokir,,, kita mce puny wordpress….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: